Kamis, 15 Mei 2008

IDIOM DAN KATA MAJEMUK

Idiom adalah gabungan dua kata atau lebih yang susunannya terbentuk secara tetap (baku) dan saling kebergantungan; atau gabungan kata yang maknanya tidak sama dengan unsur-unsur pembentuknya.

Tidak setiap gabungan kata itu adalah idiom. Penggabungan kata bisa pula menghasilkan frasa. Bedanya frasa dengan kata idiom, bahwa unsure-unsur pembentuk frasa masih memiliki makna baru sebagaimana halnya yang terjadi pada idiom.

Idiom

Frasa

Besar kepala

Kepala besar

Rumah makan

Di rumah

Muka masam

Buah masam

Panjang tanngan

Tangan panjang

Beberapa contoh idiom lainnya: terdiri atas, suka akan, berdasar pada, lebih besar daripada, dan berhubungan dengan. Contoh-contoh tersebut merupakan idiom dengan alas an-alasan sebagai berikut:

a. Susunan unsur-unsur pembentuknya sudah terpola secara tetap. Kata terdiri atas tidak bisa diubah menjadi terjad pada atau terdiri atas. Penggantian atau pun pengubahan-pengubahan dapat menyebabkan kata-kata idiomatic itu menjadi tidak berterima.

b. Unsur-unsur pembentuknya satu sama lain saling bergantungan. Kehadiran kata terdiri , suka, berdasar, lebih besar, dan berhubung dengan sangat menuntut kehadiran kata lainnya.

Apabila kata-kat itu tidak dilengkapi dengan atas/dari, akan, pada, daripada, atau dengan, maka akan menyebabkan kata-kata tersebut menjadi tidak bermakna; pemakaiannya dalam kalimat menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Contoh:

1) Bangunan ini bahannya terdiri bata, batu, semen, dan kayu (?)

2) Saya suka dia (?)

3) Tindakanmu itu harus berdasar ketentuan-ketentuan yang jelas (?)

4) Pohon beringin lebih besar pohon jambu (?)

5) Berhubung kepergiannya ke Jakarta, kita tidak bisa menemuinya pada hari ini (?)

Kelompok kata yang hampir sama bentuknya dengan idiom adalah kata majemuk (kompositum). Kata mejemuk adalah gabungan dua kata atau lebih menciptakan makna baru, yang berbeda dengan makna dari unsur-unsur pembentuknya. Contoh-contoh idiom yang sejenis besar kepala, rumah-rumah, dan malam panjang dapat juga disebut sebagi kata majemuk.

Namun demikian tidak berarti kata majemuk selalu identik dengan idiom. Kata majemuk hanya merujuk pada kelompok kata yang memiliki makna penuh. Dengan demikian, contoh gabungan kata seperti suka akan, terdiri atas, dan berhubung dengan, bukanlah kata majemuk. Contoh-contoh gabungan kata semacam itu hanya bisa kelompokkan ke dalam idiom..

Tidak ada komentar: